Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang

Sobat Brankas Arsip yang berbahagian. Pada postingan sebelumnya, saya telah menyajikan contoh surat pemesanan hotel. Dan untuk mengupdate materi blog kali ini, saya akan menyajikan contoh surat lain, yaitu surat yang berkaitan tentang hutang piutang.

logo postingan contoh surat hutang piutang

Manusia adalah makhluk sosial, satu sama lain saling berinteraksi dan tidak hidup sendiri. Banyak transaksi terjadi di antara mereka, seperti jual beli, menikah, hutang, dll. Semuanya demi satu tujuan, yaitu terpenuhinya kebutuhan dan hajat.

Kehidupan ibarat roda yang berputar. Hari ini di atas, besok bisa jadi di bawah. Begitu pula kondisi ekonomi seseorang, dan dalam situasi-situasi sulit terkadang memaksa seseorang untuk berhutang, demi keberlangsungan hidupnya.

Pada dasarnya hutang tidak dianjurkan, tapi dalam kondisi darurat diperbolehkan. Maka disana ada aturan main yang perlu diperhatikan, karena ini berkaitan dengan hak milik orang. Di antaranya, dicatat atau ditulis, ada etikad baik untuk mengembalikan, dll.

Dan tentang pencatatan piutang, berikut ini contoh surat pernyataan hutang :

  • Surat Pernyataan Hutang

SURAT PERNYATAAN HUTANG 
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Rio Abolte D’Freud
No. KTP           : 3420001212720001
Alamat            : Jl. Kaligawe No. 25, Kalimurti, Kalisebrang, Bogor
Menyatakan:
1.  Bahwa, pada tanggal 02 Januari 2016 saya telah meminjam uang kepada Sdr. Eman Sudirman (No. KTP 3320050609850002) sebesar Rp. 35.000.000 (terbilang tiga puluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut paling lambat 100 hari setelah ditandatanganinya surat pernyataan ini, atau hari Minggu tanggal 10 April 2016 .
2.  Dan bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman tersebut, maka saya bersedia diproses secara hukum.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sukarela tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun.
Bogor, 02 Januari 2016
materai
( Rio Abolte D’Freud )

  • Surat Pernyataan dan Kesanggupan Membayar Hutang

SURAT PERNYATAAN DAN KESANGGUPAN MEMBAYAR HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              :
No. KTP           :
Pekerjaan         :
Alamat            :

Dengan ini menyatakan bahwa saya mempunyai tanggungan hutang sebesar Rp. __________ kepada majalah ELFATA yang beralamat di Tangkil Baru RT 03/07 Manang Grogol Sukoharjo 57522.

Atas hutang tersebut di atas saya menyatakan kesanggupan untuk menyelesaikan pembayaran dengan cara:

(   ) Tunai selambat-lambatnya dibayar tanggal __________
(   ) Angsuran sebesar Rp _____ setiap bulannya selama _____ bulan dari bulan __________ sampai dengan bulan __________.

Apabila dalam jangka waktu yang telah ditetapkan di atas, saya tidak dapat menyelesaikan kewajiban tersebut, maka saya akan memberikan barang-barang berharga yang senilai hutang sebagai pengganti pembayaran hutang saya.

Demikian surat pernyataan dan kesanggupan membayar hutang ini dibuat dalam keadaan sadar, tanpa paksaan dari pihak manapun untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Kiri)
Yang Menyatakan

( __________ )

(Kanan)
Mengetahui

( Santoso, S.Pd )
Pemasaran


Demikian format surat pernyataan hutang piutang yang sederhana. Jika ingin membuat surat pernyataan seperti di atas, softcopy-nya bisa diunduh pada link berikut, Anda hanya perlu mengisinya dengan kebutuhan/data Anda (Download Format Surat Pernyataan Hutang.doc). Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam sukses dari Brankas Arsip.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang"

Post a Comment