Contoh Surat Pernyataan Beda Nama Dalam Ijazah


Sobat Brankas Arsip yang berbahagia. Sebelumnya telah dipostingkan contoh surat permohonan izin tidak masuk sekolah, dan kali ini saya ingin membagikan contoh lain dari surat pernyataan, yaitu surat pernyataan beda nama.


contoh surat pernyataan beda nama dalam ijazah

Pernahkan Anda menjadi korban kelalaian petugas administrasi sekolah (TU) dalam penulisan nama lengkap Anda pada ijazah? Jika iya, pasti menjengkelkan. Dan proses pengajuan permohonan perbaikannya pun sedikit merepotkan, dan memakan waktu yang lama.

Sebagaian orang tidak mau ambil pusing dalam masalah ini, dan enggan mengurusinya dengan alasan buang-buang waktu. Tau sendiri kan, bagaimana repotnya mengurus administrasi di Indonesia. Antrinya lama, dan sehari pun belum tentu langsung jadi.

Lalu kapan surat ini diperlukan?

Jadi, ceritanya ada teman kuliah dulu yang ingin mengajukan akreditasi ijazahnya, yang notabene adalah universitas luar negeri (baca: timur tengah) atau yang memiliki cabang di Indonesia, seperti LIPIA Jakarta. Kebetulan nama yang tertulis di ijazah S1-nya berbeda dengan ijazah SD, Tsanawiyah dan Aliyah. Karena di awal tidak diajukan perubahan data (nama), maka ketika pengajuan akreditasi ijazah ia diminta untuk membuat surat pernyataan beda nama tersebut.

Dan surat seperti ini biasanya juga diminta ketika Anda akan melakukan transaksi dengan bank, seperti akad perjanjian kredit atau hutang. Surat ini merupakan salah satu dokumen yang wajib dilengkapi. Petugas yang berwenang memutuskan kredit akan meminta surat perbedaan nama, walaupun perbedaannya dalam beberapa dokumen tersebut hanya satu huruf saja.

Karena kesalahan nama dalam dokumen-dokumen kependudukan (KTP, KK, Paspor, dll) pada perjanjian kredit akan membuka celah penyalahgunaan kredit, yang mampu membebaskan debitur dari segala dakwaan hukum yang mungkin terjadi.

Berikut ini contoh surat pernyataanbeda nama yang telah dibuat oleh teman kuliah saya di atas:
SURAT PERNYATAAN BEDA NAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                 :Bagus Jamroji
No. KTP              :33200412021850001
Alamat               :Tambak Emas – Kediri.
Pendidikan Terakhir  :Bakalurius (S1) Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud Kerajaan Arab Saudi cabang Indonesia
Fakultas/Jurusan     : Syari’ah/Syari’ah
Tahun Kelulusan      : 2013M/1434H

Dengan ini menyatakan bahwa nama saya yang tertulis dalam ijazah luar negeri (tertulis BAGUS JAMROJI DAMIRIN)terdapat perbedaan nama, baik bentuk huruf maupun tulisan dengan nama yang tertulis dalam ijazah SD, Tsanawiyah, dan Aliyah (ditulis BAGUS JAMROJI).

Sehubungan dengan adanya PERBEDAAN NAMA yang dimaksud, dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak berkeberatan atas perbedaan nama, baik tulisan maupun huruf, dan bersedia menanggung segala resiko yang akan muncul karena diakibatkan adanya perbedaan nama itu, serta tidak akan menuntut kepada Kementrian Agama RI apabila Surat Pernyataan ini menimbulkan masalah baik perdata maupun pidana di kemudian hari.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Kediri, 20 Agustus 2016
Yang menyatakan


Bagus Jamroji 
Demikian contoh surat pernyataan beda nama yang dilampirkan saat pengurusan akreditasi ijazah luar negeri. Sebenarnya surat beda nama bisa juga dikeluarkan oleh petugas kependudukan tingkat desa, Anda hanya perlu mengajukan permohonan kepada kepala desa, dan pihak kelurahan akan menerbitkan surat keteragan beda nama untuk Anda.

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhkannya, dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam sukses dari Brankas Arsip.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Beda Nama Dalam Ijazah"

Post a Comment