Contoh Surat Keterangan Usaha Dari Desa

Sahabat Brankas Arsip yang berbahagia. Sekali lagi admin ingin mengucapkan kepada pembaca yang beragama Islam:

SELAMAT IDUL FITRI 1438 H
taqabbalallahu minna wa minkun
mohon maaf lahir dan batin

Pada postingan perdana setelah lebaran ini, admin akan menulis tentang surat keterangan usaha. Tapi sebelumnya perlu diketahui, apa itu surat keterangan usaha (SKU)?


contoh surat keterangan usaha dari desa

Definisi Surat Keterangan Usaha (SKU)

Surat Keterangan Usaha adalah surat resmi yang diterbitkan oleh pihak berwenang dalam hal ini adalah pejabat kantor kelurahan/desa (lurah atau kades) yang isinya menerangkan bahwa nama yang tertulis di dalam surat itu adalah warga RT atau RW dari desa/kelurahan tersebut dan benar memiliki usaha seperti yang tercantum dalam surat.

Fungsi SKU

Surat keterangan usaha berfungsi sebagai dokumen pelengkap syarat administrasi pengajuan pinjaman uang dari bank. Pangusaha yang ingin mengembangkan usahanya namun modalnya minim, terkadang membutuhkan suntikan dana dari pihak luar, dan salah satunya adalah mengajukan pinjaman dari bank.

Cara Mendapatkan SKU

Bagi Anda pemilik usaha dan sudah lama berjalan, tentu tidak asing lagi dengan dokumen di atas. Namun bagi pengusaha baru, pastinya surat ini adalah hal yang asing atau baru. Apakah Anda termasuk yang kedua dan ingin mendapatkan SKU tersebut? Berikut ini admin sajikan cara dan proses untuk mendapatkannya:


Pertama: Anda harus pergi ke ketua RT setempat dan meminta surat pengantar, dan sampaikan maksud atau tujuan Anda meminta surat pengantar. Pengalaman admin di kampung, ketua RT akan memberi surat kosongan yang sudah diberi tanda tangan dan stempel. Adapun yang mengisi data adalah kita sendiri, dan biasanya tidak dipungut biaya.

Kedua: Setelah mendapatkan surat pengantar dari RT/RW, sekarang Anda harus pergi ke kantor kelurahan dengan membawa dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Surat Pengantar dari RT/RW.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli dan fotocopy.
  3. Kartu Keluarga (KK) yang fotocopy.

Utarakan maksud kedatangan Anda, dan petugas akan memberikan blangko permohonan surat keterangan usaha. Isi semua informasi yang diminta, dan serahkan kembali kepada petugas kelurahan. Biasanya petugas akan memberi tahu, apakah surat keterangannya bisa jadi saat itu juga atau harus menunggu beberapa hari.

Lama tidaknya proses berbeda-beda antar kelurahan atau daerah. Pada dasarnya pembuatan surat keterangan usaha tidak dipungut biaya, tapi biasanya Anda akan diminta sumbangan sukarela yang nominalnya tidak ditentukan.

Ketiga: Setelah SKU selesai dibuat, Anda akan diminta pergi ke kantor kecamatan untuk mendapatkan tanda tangan pengesahan dari camat. Jika SKU surat sudah dilegalisir oleh pihak kecamatan, maka sekarang Anda sudah memiliki surat keterangan usaha yang bisa digunakan untuk pengajuan pinjaman, atau untuk tujuan-tujuan yang lain.

Di beberapa daerah, proses pembuatan SKU hanya cukup sampai tingkat kelurahan saja, dan tidak harus mendapatkan pengesahan dari kantor kecamatan. Ini seperti yang didapati di daerah admin sendiri. Dan sebagai gambaran bagi Anda, berikut ini contoh isi surat keterangan usaha:
PEMERINTAH DAERAH TINGKAT II KABUPATEN MAGETAN

Kecamatan : ........................
Desa/Kelurahan : ........................

SURAT KETERANGAN USAHA
No. : .....................


Yang bertandatangan di bawah ini kami Kepada Desa / Kelurahan .................... Kecamatan ................... Kabupaten Magetan, menerangkan bahwa penduduk desa Kami:

Nama : ...................

Umur : ...................

Alamat : .......................................


Orang tersebut di atas benar-benar mempunyai usaha : .............

Dengan luas garapan            : ........ m2*)

Demikian surat keterangan ini kami buat, untuk dapat dipergunakan bagi yang berkepentingan.


.............., ............-20...
Kepala Desa / Kelurahan
....................


stempel dan ttd


( .................... )


*) Isi apabila ia mempunyai usaha tani.
Demikian cara mendapatkan surat keterangan usaha dari kelurahan dan desa, serta contoh dan format penulisan surat tersebut. Semoga apa yang admin sajikan, bisa memberikan gambaran bagi Anda yang sedang mencarinya.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau dikomentari, silahkah tulis pada kolom komentar di bawah ini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari Brankas Arsip.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Usaha Dari Desa"

Post a Comment