Contoh Surat Pernyataan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Sahabat Brankas Arsip yang berbahagia. Setelah berbagi contoh surat pribadi untuk ibu dalam bahasa Arab pada postingan sebelumnya, kali ini admin akan menyajikan contoh surat lagi, yaitu surat pernyataan NPWP.
contoh surat pernyataan npwp
via Pixabay
Sebelumnya perlu diketahui, apa itu NPWP?

NPWP merupakan singkatan dari “Nomor Pokok Wajib Pajak”. NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Menurut ketentuan, setiap wajib pajak hanya diberikan satu NPWP, dimana NPWP tersebut terdiri atas 15 digit, 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak dan 6 digit berikutnya merupakan kode administrasi.
kartu npwp
Kartu NPWP via Cermati
Berikut ini beberapa fungsi NPWP:
  1. Sebagai sarana dalam hal administrasi perpajakan.
  2. Menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan.
  3. Menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum, seperti kartu kredit bank, paspor, dan persyaratan pegawai untuk beberapa instansi.
Itulah beberapa maklumat tentang NPWP yang admin nukil dari situs Cermati. Jika Anda ingin mengetahui informasi yang lebih mendetail, silahkan kunjungi tautan tersebut. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa NPWP merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan beberapa pelayanan umum.

Hal ini pernah admin alami sendiri, ketika admin ingin membuka rekening di BRI Syariah, di antara salah satu syarat yang harus dilengkapi adalah NPWP. Oleh karena admin belum memiliki NPWP, maka petugas bank memberikan sebuah lembar kertas yang harus diiisi. Surat itu adalah surat pernyataan NPWP.

Seperti apa surat pernyataan NPWP dan apa isinya? Berikut ini hasil scan surat pernyataan tersebut:
contoh surat pernyataan NPWP
Surat Pernyataan NPWP
Dan di bawah ini adalah salinan tulisan isi dari surat pernyataan NPWP di atas. Barangkali ada yang membutuhkannya atau ingin membuat surat pernyataan yang mirip dengannya, Anda diperbolehkan untuk menyalinnya dan mengubah isi atau kontennya sesuai kebutuhan.
SURAT PERNYATAAN NPWP

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama (sesuai KTP/Paspor): (“nasabah”) ____________________

Tempat, Tangal Lahir : ________________________________

Nomor KTP/Paspor*) : ________________________________

Alamat : ________________________________

  ________________________________

No.Rekening/Cabang BRIS : ________________/_______________

Menyatakan bahwa saat ini nasabah tidak dapat menyerahkan NPWP sebagai kelengkapan dokumen pembukaan rekening di BRISyariah, dikarenakan:

1# Saat ini nasabah tidak memiliki NPWP karena termasuk kategori PTKP.

2# Bukan merupakan wajib pajak, namun akan menggunakan dan menyerahkan NPWP suami/istri/orang tua/wali*), apabilan suami/istri/orang tua/wali*) termasik Non PTKP.

3# Merupakan wajib pajak (Non PTKP) namun belum memiliki/ tidak membawa/ lupa nomor NPWP*) dan sesegera mungkin akan mengurus/menyerahkan NPWP kepada BRISyariah.

Seluruh informasi tersebut di atas adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan, segala akibat dan risiko yang mungkin timbul di kemudian hari sebagai akibat ketidaksesuaian/ketidakbenaran pernyataan ini dan/ atau informasi tersebut di atas menjadi tanggung jawab dan risiko yang mungkin timbul akibat dilaksanakannya pernyataan ini.

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

___________________, _____________




( ______________________________ )


*) coret yang tidak perlu
Demikian contoh surat pernyataan NPWP yang dibutuhkan untuk melengkapi syarat pembukaan nomor rekening di Bank BRI Syariah dan salinan isi tulisannya. Semoga apa yang telah admin sajikan bisa memberi gambaran kepada Anda akan contoh surat tersebut, dan semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Baca juga: Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang.

Atas segala kekurangan dan kelebihan admin mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari Brankas Arsip.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)"

Post a Comment