Siapakah Asima Chatterjee yang Muncul di Google Doodle Hari Ini?

Sahabat Brankas Arsip yang budiman. Jika Anda membuka Google pada hari ini (Sabtu 23 September 2017), akan muncul gambar wanita berkecamata dengan struktur senyawa kimia bernuansa hijau. Siapakah dia, sehingga Google memunculkannya dalam Doodle?
doodle google 23 september 2017 asima chatterjee
Google Doodle
Iya, ia adalah ahli kimia bernama Asima Chatterjee. Wanita yang terlahir di Kolkata – India seratus tahun lalu ini merupakan kimiawan yang menekuni bidang kimia organik dan fitokimia.

Asima tumbuh dan menghabiskan masa mudanya di kota kelahirannya. Ia sekolah dan melanjutkan kuliahnya di Scottish Church College, Universitas Kolkata dan lulus pada tahun 1936. Lalu ia melanjutkan studinya hingga berhasil meraih gelar Doktor Sains pada tahun 1944, dan tercatat sebagai wanita pertama yang mendapatkan gelar itu sepanjang sejarah perguruan tinggi India .
asimaa chatterjee
via Wikipedia
Sebagai kimiawan, ia melakukan banyak penelitian dan lebih fokus pada produk kimia alam, yang di kemudian hari  penemuannya menjadi pilar penting dalam perkembangan dunia pengobatan. Penelitian yang ia lakukan telah menyumbang kontribusi besar dalam pengembangan obat-obatan, seperti anti kejang, antimalarial, dan kemoterapi.

Dan di antara yang paling dikenal adalah alkaloid vinca, senyawa yang terbuat dari tanaman bunga Vinca yang berguna dalam obat kemoterapi, berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan sel kanker agar tidak bertambah banyak.

Kecintaannya terhadap kimia mendorongnya untuk bergabung ke Lady Brabourne College di Universitas Kolkata pada tahun 1940 sebagai kepala pendiri departemen kimia. Dan atas dedikasinya di bidang kimia, ia diberi gelar Guru Besar Khaira pada tahun 1962, dan menjabat hingga tahun 1982.

Dan selain itu, Asima juga mendapat banyak penghargaan dan pengakuan, di antaranya:
  • Gelar Premchand Roychand Scholar di Universitas Kolkata.
  • Penghargaan Shanti Swarup Bhatnagar di bidang sains kimia, dan menjadi wanita pertama yang meraih penghargaan tersebut.
  • Penghargaan Padma Bhushan dan menjadi presiden wanita pertama pada Asosiasi Kongres Sains India pada tahun 1975.
  • Ia dinominasikan oleh Presiden India sebagai anggota Rajya Sabha mulai Februari 1982 hingga Mei 1990.

Asima  tutup usia di Kolkata 22 November 2006 pada usia 89 tahun setelah menghabiskan lebih dari setengah umurnya berkhidmah kepada dunia kimia dan sains. Google Doodle Asima Chatterjee hari ini merupakan penghargaan untuk memperingati 100 tahun kelahirannya. Dan juga untuk mengingatkan dunia akan sosok wanita yang luar biasa akan prestasinya di bidang sains. (Wikipedia dan Pikiran Rakyat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *