Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah

Sobat Brankas Arsip yang berbahagia. Melanjutkan materi postingan-postingan sebelumnya tentang surat permohonan, maka pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan surat permohonan izin tidak masuk sekolah. Sebelum memulai, jika Anda belum membaca postingan sebelumnya silahkan kunjungi link berikut: Surat Rekomendasi Sekolah dari Kepala Desa.

contoh surat permohonan izin tidak masuk sekolah


Ketika seseorang terdaftar di dalam sebuah lembaga pendidikan dan menjadi bagaian darinya, ia menjadi terikat dan harus patuh serta taat mengikuti jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan. Jika ia ingin meninggalkan satu aktifitas/kegiatan, maka dia harus mengajukan permohonan izin kepada yang berwenang.

Begitu pula seorang siswa, jika dia ingin meninggalkan sekolah dan tidak mengikuti KBM maka dia harus meminta izin, baik dia sendiri yang mengajukan permohonan atau melalui orang tau/walinya. Karena hal itu merupakan etika dalam berorganisasi dan bagian dari tertib administrasi.

Jika aturan tersebut dilanggar, maka bisa jadi pihak sekolah akan memberikan sanksi atas pelanggaran tersebut. Anda sebagai orang tua tentu tidak menginginkan putra Anda diberi hukuman karena meninggalkan KBM tanpa ada izin tertulis dari pihak sekolah. Maka supaya itu tidak terjadi, maka Anda perlu mengajukan permohonan izin ke pihak sekolah.
Lalu bagaimana cara membuat surat izin? Jika Anda belum pernah membuatnya, tentu hal ini sedikit membingungankan Anda. Tapi tenang saja, admin akan membantu Anda dengan senang hati. Berikut ini admin lampirkan satu contoh dari surat permohonan izin dari orang tua:

Contoh Surat Permohonan Izin (1)

Perihal: Permohonan Izin

Kepada Yth,
Kepala Sekolah MIN Demangan Madiun
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Dengan hormat, kami orang tua/wali murid:

Nama       : Agung Budi Cahyono
Kelas      : 5C
Alamat     : Jl. Teratai No. 101 Rt 03 Rw 05 Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Bermaksud mengajukan permohonan izin putra kami ananda Agung Budi Cahyono untuk tidak mengikuti KBM pada hari Senin, tanggal 13 Juni 2016 karena akan menghadiri acara resepsi pernikahan kakak kandungnya  yang akan dilaksanakan di luar kota, yaitu Kota Surabaya. Dan sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini kami lampirkan undangan acara tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Jakarta, 1 Juni 2016
Hormat kami,
(Untung Cahyono)

Orang Tua Agung Budi C 

Contoh Surat Permohonan Izin (2)

Perihal: Permohonan Izin

Kepada Ykh,
Bapak/Ibu Wali Kelas VI-D SDN 1 Balekambang – Jonggol
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Dengan hormat, kami orang tua/wali murid:

Nama                    : Amalia Putri
Kelas                   : VI-D SDN 1 Balekambang
Alamat                  : Jl. Kamboja No. 122 Rt 05 Rw 13 Kebon Sirih, Jakarta Timur

Memberitahukan bahwa putri kami tersebut tidak dapat hadir mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya pada hari ini Senin 15 Juni 1016 dikarenakan sakit diare. Oleh karena itu kami memohon  Bapak/Ibu Wali Kelas VI-D dapat memberikan izin.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian  saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Jakarta, 15 Juni 2016
Hormat saya,

(Eka Prayoga)
Orang Tua Amalia Putri
Demikian pemaparan contoh surat permohonan izin dari orang tua, format penulisannya bisa Anda jadikan sebagai rujukan dalam menyusun surat permohonan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan dishare jika Anda berkenan dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam sukses dari BrankasArsip.

Gambar: Pixabay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *