Contoh Resi Airwaybill Ekspedisi Pengiriman

Sahabat Brankas Arsip yang berbahagia.

contoh resi atau airwaybill ekspedisi pengiriman


Sebagai penjual online, admin terbiasa berurusan dengan ekpedisi pengiriman (kargo). Setiap mendatangi tempat baru, hal pertama yang dicari adalah dimana saja ada agen pengiriman, terutama JNE, TIKI, J&T dan POS. Jadi jika suatu saat ada pesanan, admin tahu tempat mana yang harus dituju.

Suata saat ada pesanan dari costumer, dan harus mengirim paket via Wahana di agen baru, bukan tempat biasanya. Ternyata print out resi pengirimannya berbeda dengan sebelumnya. Dan di sana didapati banyak nomor-nomor, admin bingung menentukan mana nomor resi yang harus diberikan kepada pembeli.

Akhirnya admin memutuskan untuk googling dan berhasil menemukan nomor resi yang dimaksud. Dari situ admin terinspirasi untuk menulis artikel tentang contoh resi-resi pengiriman, dan postingan yang sedang Anda baca sekarang ini adalah hasilnya.

Setiap kurir/ekspedisi memiliki format resi yang berbeda-beda, baik secara bentuk maupun jumlah karakter atau kombinasi nomor resinya. Di bawah ini ada beberapa hasil scan dari resi pengiriman beberapa kurir atau kargo yang pernah admin gunakan saat mengirimkan orderan pelanggan:

nomor resi pengiriman jne manual
resi JNE manual
nomor resi pengiriman jne print out
resi JNE print out


Resi pengiriman via JNE ada dua, manual dan print out. Nomor resi antara keduanya pun berbeda. Resi manual hanya berupa angka berjumlah 13 digit, adapun yang print out kombinasi atara huruf (4 huruf) dan angka (12 digit). 4 huruf tersebut adalah kode kota/daerah tujuan asal paket kiriman. [Bisa dilihat pada gambar di atas yang dilingkari berwarna merah]

Admin sendiri lebih senang melihat resi manual, karena lebih warna-warni dan tidak monoton satu dua warna saja (hitam putih). Namun kita tidak bisa menentukan supaya dibuatkan resi manual atau print out, karena itu tergantung dengan agen JNE yang didatangi.

UPDATE#

Berikut ini hasil scan bentuk dan model dari resi JNE terbaru. Resi berukuran 10 x 4 cm ini dicetak di atas kertas yang memiliki permukaan halus dengan dua lapisan lembar, salah satunya berbahan stiker yang bisa ditarik dan ditempel lagi. Seperti apa bentuknya? Silahkan Anda lihat gambar di bawah ini:

resi jne terbaru 2018

Dan sekarang nomor resi JNE hanya berupa angka sebanyak 15 digit. Tidak seperti sebelumnya yang merupakan gabungan antara huruf dan angka.

nomor resi pengiriman tiki
resi TIKI
Resi pengiriman via kurir TIKI yang sebatas admin ketahui hanya ada satu macam, yaitu print out di atas selembar kertas yang sudah dicetak dengan pola. Sekilas terlihat seperti resi JNE manual, tapi tulisan di dalamnya bukan tulisan tangan, melainkan hasil cetakan dari mesin printer. Nomor resi TIKI ada 12 angka (numeral), dan tidak ada huruf satu pun.
  • POS
nomor resi pengiriman kantor pos
resi POS


POS Indonesia merupakan pelopor jasa kirim nusantara. Namun belakang ini posisinya mulai digeser oleh pendatang-pendatang baru dalam dunia logistik. Resi pengiriman milik kantor POS hanya ada satu model, yaitu print out. Dan warnanya selalu identik dengan kuning. Adapun nomor resinya hanya angka berjumlah 11 digit. Bisa dilihat di gambar di atas setelah tulisan No. Barcode.
nomor resi pengiriman j&t manual
resi J&T manual

nomor resi pengiriman j&t print out
resi J&T print out


J&T termasuk pendatang baru, di wilayah admin baru muncul 2 atau 3 tahun belakang. Namun menurut istri, kecepatannya lebih bagus dari jasa kirim yang sebelumnya. Misalkan istri belanja barang secara online dan memilih pengiriman dengan J&T yang reguler, untuk wilayah Jabodetabek dalam sehari biasanya sudah sampai.

Nomor resi pengiriman via J&T yang manual adalah angka berjumlah 12 digit., adapun yang print out berjumlah 10 digit. Resi yang print out ini agak sedikit unik, karena secara ukurang lebih kecil, dan berbentuk stiker.
nomor resi pengiriman wahana
resi Wahana 1
nomor resi pengiriman wahana prestasi logistik
resi Wahana 2
Nomor resi Wahana adalah kombinasi antara huruf dan angka, 3 huruf di depan dan 5 angka di belakang. Untuk biaya pengiriman wilayah Jabodetabek terhitung paling murah, yaitu hanya Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah).
nomor resi pengiriman rosalia express
resi Rosalia Express
Jasa kirim Rosalia Express sering Admin gunakan ketika restok Srundeng Rahayu dari Semarang. Untuk srundeng 100 bungkus hanya dikenakan biaya seperti yang tertulis di resi. Sangat murah sekali, sehingga bisa memangkas harga jualnya supaya tidak terlalu tinggi. Nomor resi Rosalia Express hanya kombinasi angka berjumlah 9 digit saja, seperti yang dilingkari dengan warna biru.
  • INDAH LOGISTIC CARGO


Indah Logistic Cargo sering admin gunakan untuk pengiriman dalam jumlah besar, misalnya ketika belanja stok pakaian di Tanah Abang. Jika berat pesanan melebihi 10 kg, maka pilihan jasa kirimnya adalah Indah Cargo. Karena ongkos kirim tambahan per kilo setelah 10 kg akan jatuh lebih murah, berbeda jika menggunakan JNE, TIKI, atau J&T, ongkir dihitung satuan setiap kilo. 

***

Itulah kumpulan hasil scan res-resi milik beberapa jasa kirim/kurir paket di Indonesia. Semoga apa yang admin sajikan bisa memberikan manfaat, dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari Brankas Arsip.

2 comments

  1. Cek resi JNE bisa tanpa captcha dari ongkos-kirim.com

  2. Terima kasih om atas infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *