Contoh Surat Keterangan Hafalan Al Quran

Sahabat Brangkas Arsip yang setia mengunjungi blog ini, walaupun admin jarang memposting artikel baru. Kasihan sekali blog ini, jarang diupdate dengan materi baru. Hehe..
 
Nah, mumpung lagi ada semangat untuk menulis, admin kali ini ingin berbagi contoh surat baru kepada Anda. Surat apa itu?

Surat Keterangan Hafalan Al Quran

Surat ini diterbitkan oleh sekolah atau pondok pesantren tempat siswa/siswa atau santriwan/santriwati belajar dan menghafal Al Quran di sekolah atau pondok tersebut. 
membaca al quran
via Pixabay
Surat tersebut berisi keterangan bahwa yang bersangkutan selama belajar telah berhasil menyelesaikan hafalan dengan jumlah juz tertentu sesuai dengan pencapaiannya, bisa 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, atau 30 juz. Dan terkadang ditambahi dengan keterangan predikat dan kualitas hafalannya, apakah istimewa, baik, atau cukup, dan seterusnya.
 
Surat ini biasanya digunakan untuk beberapa keperluan, seperti:
  1. Menghafal Al Quran bukanlah hal yang mudah, sehingga beberapa lembaga pendidikan tingkat tinggi dan institusi lain memberikan perhatian lebih kepada para penghafal Al Quran dengan cara memberikan beasiswa dan kemudahan dalam mendaftar.Dan salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi adalah dibuktikan dengan adanya surat keterangan hafalan tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan adanya tes lisan untuk menguji seberapa benar isi surat keterangan tersebut.
  2. Surat tersebut juga bisa digunakan sebagai syarat ketika mengajukan lamaran sebagai tenaga pengajar Al Quran (guru tahfizh) di sekolah yang memang fokus untuk mengajarkan Al Quran dan tentunya membutuhkan guru yang memang sudah memiliki hafalan Al Quran.
  3. Dll
Seperti apa contoh surat keterangan hafalan Al Quran? Mari lihat gambar berikut ini:
contoh surat keterangan hafalan al quran
Jika Anda ingin membuat surat yang semisal dengannya, dan tidak ingin repot menulis ulang dari gambar surat di atas. Tenang dan jangan khawatir, di bawah ini admin telah menyalin isi surat keterangan hafalan Al Quran tersebut dan menuangkannya dalam tabel di bawah ini:
KOP SURAT
 
 
SURAT KETERANGAN HAFALAN AL QURAN
Nomor: 009/05.06/MA.Asn/VI/2017
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Madrasah Aliyah (MA) Assunnah dengan ini menerangkan bahwa:
 
Nama                       :

 

NISN                       :
Tempat tanggal lahir       :
No. Peserta                :

 

Adalah siswa di Madrasah Aliyah (MA) Assunnah dan selama belajar menyelesaikan hafalan Al Quran sebanyak 17 (Tujuh Belas) juz dengan predikat baik.
 
Demikian surat keterangan ini agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Cirebon, 5 Juni 2017
Kepala Madrasah
 
ttd dan stempel 

 

Moch. Toto Ichwan M, Lc.
Demikian contoh surat keterangan hafalan Al Quran dan format penulisannya. Semoga sajian di atas menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkannya. Sekian, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *